Memanfaatkan Modem ADSL Menjadi Access Point Relay di Rumah

Karena beberapa rekan meminta tutorial bagaimana memanfaatkan modem ADSL bekas Telkom agar bisa digunakan sebagai AP indoor, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorialnya kepada rekan-rekan semua. Saya rasa tutorial seperti ini sudah banyak sekali di Google, tapi akan saya buatkan kembali untuk melengkapi beberapa tutorial yang sebelumnya telah saya buat.

Driver TP Link WA722N v1


Disini saya memanfaatkan modem ADSL bekas telkom dengan tipe TD-W8961N yang memiliki 2 buah antena pemancar dengan 4 buah port LAN dan dibekali dengan power sebesar 100 mW. Modem ini sudah lama saya manfaatkan sebagai AP pemancar di dalam rumah-rumah client saya dimana koneksi internet diambil dari AP outdoor yang saya hubungkan menggunakan kabel LAN. Teknik seperti ini sudah saya terapkan dari bulan Mei 2015 hingga postingan ini dibuat. Oke langsung saja rekan-rekan semua perhatikan dengan seksama gambar beserta keterangan yang saya buat dibawahnya agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan konfigurasi.

Step 1

  1. Masuk ke dalam menu Interface Setup -> Internet
  2. Pada Virtual Circuit pilih PVC0
  3. Pada ISP ubah menjadi Bridge Mode
  4. Save
  Step 2

  1. Masuk ke dalam menu Interface Setup -> Internet
  2. Pada Virtual Circuit pilih PVC1
  3. Pada ISP ubah menjadi Bridge Mode
  4. Save
Step 3


  1. Masuk ke dalam menu Interface Setup -> LAN.
  2. Pada IP Address ubah menjadi IP yang masih dalam satu network dengan AP outdoor agar nantinya mudah diakses jika ingin konfigurasi AP outdoor ataupun modem ADSL.
    Contoh : AP outdoor saya berikan IP 192.168.1.1 dan modem ADSL saya berikan IP 192.168.1.200. Saat saya HP saya yang tersambung ke modem ADSL mendapatkan IP 192.168.1.50 dan saya ingin mengecek keadaan sinyal AP outdoor, saya hanya perlu memanggil IP 192.168.1.1 di web browser dan saat ingin mengganti password  Wi-Fi, saya hanya perlu akses ke IP 192.168.1.200 di web browser.
  3. Pada DHCP di setting DISABLED. Bisa juga ke Relay. Tetapi saya lebih suka di setting DISABLED. Jika rekan-rekan-rekan menggunakan Relay maka anda harus memasukan DHCP Server IP for Relay Agent dengan IP gateway atau IP AP outdoor.

Save

Step 4


  1. Masuk ke dalam menu Interface Setup -> Wireless.
  2. Pada Channel bisa memilih negara untuk ketentuan regulasinya, kalo saya lebih sering di setting ke negara Jepang karena dapat menggunakan Channel 13. Setting Channel yang ingin digunakan, bisa juga di setting Auto.
  3. Pada Channel Bandwidth sebaiknya di setting ke  20 MHz saja.
  4. Pada SSID isi dengan nama Wi-Fi yang dipancarkan oleh modem ADSL.
  5. Pada Authentification Type -> WPA-PSK/WPA2-PSK.
  6. Pada Encryption -> TKIP/AES.
  7. Pada Pre-Shared Key isi dengan Password yang ingin diberikan pada Wi-Fi modem ADSL.

  1. Save
Step 5

  1. Masuk ke dalam menu Advance Setup -> VLAN -> Define VLAN Group.
  2. Samakan seperti pada gambar 7 dan hapus semua VLAN ID selain VLAN ID 1.
  3. Save
Step 6


  1. Masuk ke dalam menu Advance Setup -> VLAN -> Assign VLAN PVID for each Interface.
  2. Samakan seperti pada gambar 8.
  3. Save
Step 7

  1. Masuk ke dalam menu Maintenace -> SysRestart
  2. Restart

Catatan : Pada step 5 dan 6 bertujuan agar pada port 3 dan port 4 di modem ADSL dapat digunakan juga, karena pada keadaan default port tersebut digunakan untuk produk Telkom lainnya seperti IPTV.



SEMOGA BERMANFAAT

0 Response to "Memanfaatkan Modem ADSL Menjadi Access Point Relay di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel